Animasi Frame by Frame dengan Gambar Siap Pakai ( Flash CS6 )


Bagi beberapa orang, menggambar dengan aplikasi lain lebih familiar daripada membuat gambar dengan drawing tool Flash secara langsung. Sebagai contoh dalam proyek selanjutnya akan dibuat sebuah animasi frame by frame burung terbang dengan gambar yang sudah siap pakai. Pada proyek ini digunakan gambar siap pakai yang disimpan dari situs artists-help.tumblr.com, gambar dipisahkan menjadi 9 file dengan penamaan yang berurutan.

Gambar 44. File gambar dengan penamaan berurutan

Penamaan yang berurutan merupakan standart untuk produksi animasi, karena akan mempermudah penataan gambar. Selain itu masing-masing gambar harus memiliki ukuran yang sama agar proses pengaturan animasi menjadi lebih mudah.
Selanjutnya buatlah sebuah file baru dalam Flash dan ikuti langkah-langkah berikut :

1.      Klik menu File>Import to Stage, untuk mengimport gambar yang telah disiapkan sebelumnya.

2.      Setelah jendela Import muncul pilih file gambar pertama (gambar dengan no urut paling kecil). Dalam contoh ini gambar yang dipilih adalah file burung_1.jpg. Kemudian klik OK.

Gambar 45. Import file

3.      Selanjutnya akan muncul dialog import sequence. Klik Yes untuk mengimport seluruh gambar dan menatanya secara otomatis ke dalam frame sebagai satu sequence.

Gambar 46. Import sequence

4.      Apabila penomoran file benar dan tidak terputus, maka gambar secara otomatis akan tertata sebagai animasi frame by frame. Hal ini tentu saja mempermudah seorang animator dalam mengatur sebuah rangkaian animasi yang terdiri dari beberapa gambar.

Gambar 47. Animasi Frame by Frame hasil import

5.      Jalankan file dengan menekan Ctrl + Enter, maka akan dihasilkan animasi burung terbang yang lebih baik dari tutorial sebelumnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Resume Jurnal

Nama-Nama Komponen Komputer Beserta Fungsinya

Instalasi Dan Pemasangan Kabel Fiber Optik