Animasi Frame by Frame dengan Gambar Siap Pakai ( Flash CS6 )
Bagi beberapa orang, menggambar dengan aplikasi lain
lebih familiar daripada membuat gambar dengan drawing tool Flash secara
langsung. Sebagai contoh dalam proyek selanjutnya akan dibuat sebuah animasi
frame by frame burung terbang dengan gambar yang sudah siap pakai. Pada proyek
ini digunakan gambar siap pakai yang disimpan dari situs artists-help.tumblr.com,
gambar dipisahkan menjadi 9 file dengan penamaan yang berurutan.
Gambar 44. File gambar dengan penamaan berurutan
Penamaan yang berurutan merupakan standart untuk
produksi animasi, karena akan mempermudah penataan gambar. Selain itu
masing-masing gambar harus memiliki ukuran yang sama agar proses pengaturan
animasi menjadi lebih mudah.
Selanjutnya buatlah sebuah file baru dalam Flash dan
ikuti langkah-langkah berikut :
1.
Klik menu File>Import to Stage, untuk mengimport
gambar yang telah disiapkan sebelumnya.
2.
Setelah jendela Import muncul pilih file gambar
pertama (gambar dengan no urut paling kecil). Dalam contoh ini gambar yang
dipilih adalah file burung_1.jpg.
Kemudian klik OK.
Gambar 45. Import file
3.
Selanjutnya akan muncul dialog import sequence. Klik Yes
untuk mengimport seluruh gambar dan menatanya secara otomatis ke dalam frame
sebagai satu sequence.
Gambar 46. Import sequence
4.
Apabila penomoran file benar dan tidak terputus, maka
gambar secara otomatis akan tertata sebagai animasi frame by frame. Hal ini
tentu saja mempermudah seorang animator dalam mengatur sebuah rangkaian animasi
yang terdiri dari beberapa gambar.
Gambar 47. Animasi Frame by Frame hasil import
5. Jalankan
file dengan menekan Ctrl + Enter, maka akan dihasilkan animasi burung terbang
yang lebih baik dari tutorial sebelumnya.
Komentar
Posting Komentar