Algoritma Bressenhem

·         Prosedur untuk menggambar kembali garis dengan membulatkan nilai x atau y kebilangan integer membutuhkan waktu, serta variable x,y dan m merupakan bilangan real karena kemiringan merupakan nilai pecahan
·         Bressenham mengembangkan algoritma klasik yang lebih menarik, karena hanya menggunakan perhitungan matematika dengan bilangan integer
·         Dengan demikian tidak perlu membulatkan nilai posisi setiap pixel setiap waktu
·         Algoritma garis Bressenhem disebut juga midpoint line algorithm adalah algoritma konversi penambahan nilai integer yang juga dapat diadaptasi untuk menggambar sebuah lingkaran.
Langkah-langkah untuk membentuk garis menurut algoritma bressenhem adalah :
      Tentukan dua titik yang akan dihubungkan dalam pembentukan garis.
      Tetukan salah satu titik disebelah kiri sebagai titik awal (x0, y0 ) dan titik lainnya sebagai titik akhir (x1, y1 ).
      Hitung ∆x, ∆y, 2∆x, dan 2∆y – 2∆x.
      Hitung parameter p0 = 2∆y –2∆x.
      Untuk setiap xk sepanjang jalur garis, dimulai dengan k = 0
      bila pk < 0 maka titik selanjutnya (xk+1,yk) dan Pk+1=pk+2∆y
      Bila tidak maka titik selanjutnya  adalah (Xk+1,Yk+1) dan Pk+1=Pk+ 2∆y-2∆x
      Ulangi langkah nomor 5 untuk menentukan posisi pixel selanjutnya, sampai x = x1 dan y = yk. 
Contoh
      Untuk menggambarkan algoritma Bressenham dalam pembentukan suatu garis yang menghubungkan titik (10,10) dan (17,16), pertama-tama ditentukan bahwa titik (10,10) berada disebelah kiri merupakan titik awal, sedangkan (17,16) merupakan titik akhir. Posisi yang membentuk garis dapat ditentukan dengan perhitungan sebagai berikut :
      ∆x=x1-x0 dan ∆y=y1-y0
      ∆x=17-10=7, ∆y=16-10=6
      Parameter P0=2 ∆y- ∆x
      P0=(2x6)-7 = 5
      Increment : 2 ∆y=12 à2 ∆y- 2∆x=12-14=-2
Px=3 à pk+1=pk+2Dy-2DX= 5+ -2 = 3   
Quiz
  • Buat sebuah garis yang menghubungkan dari titik (20,10) sampai dengan titik (30,18) dengan menggunakan algoritma Bressenham. (Uraikan langkahnya)
Jawabanya
      ∆x=x1-x0 dan ∆y=y1-y0
      ∆x=30-20=10, ∆y=18-10=8
      Parameter P0=2 ∆y- ∆x
      P0/PK=(2x8)-10 = 6
      Increment : 2 ∆y=16 à2 ∆y- 2∆x=16-20=-4
 
K
PK
( Xk+1, Yk+1)


20,10
0
6
21,11
1
2
22,12
2
-2
23,12
3
14
24,13
4
10
25,14
5
6
26,15
6
2
27,16
7
-2
28,16
8
14
29,17
9
10
30,18


Grafik Kalkulator :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Resume Jurnal

Nama-Nama Komponen Komputer Beserta Fungsinya

Instalasi Dan Pemasangan Kabel Fiber Optik