Kerjakanlah Soal Berikut ( Human Computer Interaction ) HCI
Kerjakanlah Soal Berikut
1.
Jelaskan bagaimana 8 Golden Rules yang didefinisikan oleh
Shneiderman ?
2.
Apa yang dimaksud dengan ragam dialog? Jelaskan apa
saja ragam dialog yang ada ?
3.
Gambarlah rancangan
desain sederhana sebuah web interface yang
didalamnya mencakup semua elemen web ( elemen dasar, elemen form, elemen
content, elemen dinamis, elemen table) ?
Jawaban
1. 1)
Konsistensi
Dalam
membuat suatu user interface dibutuhkan konsistensi. Contohnya yaitu penggunaan
font yang sama pada seluruh halaman website agar
tidak membingungkan pembaca, serta menempatkan Header & Footer pada posisi yang sama di tiap - tiap halaman
website.
2)
Shortcut
Memberikan
shortcut agar user dapat mengakses halaman yang diinginkan tanpa harus melewati
beberapa halaman pada sebuah website.
3)
Adanya
umpan balik yang informative
Memberikan informasi terhadap aksi yang
dilakukan oleh user. Contohnya apabila kita mengklik suatu link download file
dalam sebuah website, maka akan muncul pemberitahuan bahwa download sedang
berjalan dan apabila telah selesai mendownload, maka akan ada pemberitahuan bahwa download telah selesai.
4)
Merancang
dialog untuk menghasilkan suatu penutupan
Mendesain langkah - langkah yang harus
dilakukan agar user dapat menyelesaikan suatu aksi. Contohnya apabila user
ingin me-reply suatu topic dalam sebuah forum, maka user harus menekan tombol
"reply to topic" kemudian
mengisi komentar pada kotak yang telah disediakan dan menekan tombol "post new reply" untuk men-submit
komentar yang telah ditulisnya.
5)
Penanganan
kesalahan yang ringan
Adanya pemberitahuan apa yang harus
dilakukan apabila terjadi error
ringan. Contohnya dalam suatu form login apabila kita tidak mengisi username
kemudian kita submit, maka akan muncul pesan error bahwa username harus diisi
terlebih dahulu.
6)
Mempermudah
untuk kembali ke tindakan sebelumnya
Adanya aksi yang disediakan agar user dapat kembali ke tindakan sebelumnya. Contohnya yaitu penggunaan tombol "back" pada suatu forum, apabila kita salah menekan topic yang ingin dimasuki, maka kita tinggal menekan tombol "back" agar kembali ke halaman awal dan kita bisa memilih topic yang ingin dimasuki tadi.
Adanya aksi yang disediakan agar user dapat kembali ke tindakan sebelumnya. Contohnya yaitu penggunaan tombol "back" pada suatu forum, apabila kita salah menekan topic yang ingin dimasuki, maka kita tinggal menekan tombol "back" agar kembali ke halaman awal dan kita bisa memilih topic yang ingin dimasuki tadi.
7) Adanya tempat pengendalian internal (Locus
of Control)
User dapat dengan bebas bernavigasi dan mengubah informasi akun yang
dimilikinya sesuai dengan yang dikehendaki.
8) Membantu dalam mengurangi kesalahan ingatan
(Ingatan jarak pendek)
Membuat desain sesederhana mungkin dan mudah dimengerti agar user dapat dengan cepat belajar cara menggunakan website yang telah kita buat.
Membuat desain sesederhana mungkin dan mudah dimengerti agar user dapat dengan cepat belajar cara menggunakan website yang telah kita buat.
2.
Ragam Dialog
: Struktur dari
percakapan antar pengguna dengan sistem komputer dalam konteks perancangan
antar muka pengguna, kemampuan untuk memahami berbagai sistem interaktif yang
digunakan Adalah cara yang digunakan untuk mengorganisasikan berbagai teknik
dialog antara manusia dan komputer.
Ragam dialog (Dialoque Style) :
: Ragam dialog adalah cara yang digunakan untuk mengorganisasikan berbagai tehnik dialog.
: Ragam dialog adalah cara yang digunakan untuk mengorganisasikan berbagai tehnik dialog.
·
Berikut Penjelasan Singkat:
a.
Dialog
berbasis perintah tunggal (command line dialogue)
Perintah-perintah tunggal yang
dioperasikan tergantung dengan sistem operasi komputer yang dipakai.
b. Dialog berbasis bahasa pemrograman (programming
language dialogue)
Dialog yang dikemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas (file) berupa batch file.
Dialog yang dikemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas (file) berupa batch file.
c. Antarmuka berbasis bahasa alami (natural languange interface)
Dialog yang berisikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami (manusia) yang diterjemahkan oleh sistem penterjemah.
Dialog yang berisikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami (manusia) yang diterjemahkan oleh sistem penterjemah.
d. Sistem
Menu
Dialog yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas.
Terdapat 2 jenis system menu yaitu:
-Sistem Menu Datar
-Sistem Menu Tarik(pulldown)
Dialog yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas.
Terdapat 2 jenis system menu yaitu:
-Sistem Menu Datar
-Sistem Menu Tarik(pulldown)
e. Dialog berbasis pengisian borang (form
filling dialogue)
Dialog dimana pengguna (user) dihadapkan ke suatu bentuk formulir dilayar komputer yang berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah ditentukan .
Dialog dimana pengguna (user) dihadapkan ke suatu bentuk formulir dilayar komputer yang berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah ditentukan .
f. Antarmuka berbasis ikon
Antarmuka sering memanfaatkan simbol-simbol dan tanda-tanda dari kehidupan kita sehari-hari untuk memberitahukan pengguna akan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh suatu program aplikasi.
Antarmuka sering memanfaatkan simbol-simbol dan tanda-tanda dari kehidupan kita sehari-hari untuk memberitahukan pengguna akan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh suatu program aplikasi.
g. Sistem Penjendelaan (windowing system)
Sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi pada satu atau lebih jendela (window) .
Jenis-jenis jendela (window) :
a. Jendela TTY
b. Time-Multiplexed Windows
c. Space multiplex window
d. Non Homogen
Sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi pada satu atau lebih jendela (window) .
Jenis-jenis jendela (window) :
a. Jendela TTY
b. Time-Multiplexed Windows
c. Space multiplex window
d. Non Homogen
h. Manipulasi Langsung (direct manipulation)
Penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer .
Penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer .
i.
Antarmuka
berbasis interaksi grafis
Dialog berbentuk pesan atau informasi pada suatu gambar atau link yang tampil ketika pengguna melakukan suatu aktifitas.
Dialog berbentuk pesan atau informasi pada suatu gambar atau link yang tampil ketika pengguna melakukan suatu aktifitas.
3.
Elemen
dasar
Elemen From
Elemen content
Elemen dinamis
Elemen Table
Komentar
Posting Komentar