Kerjakanlah Soal Berikut ( Human Computer Interaction ) HCI


Kerjakanlah Soal Berikut

1.      Jelaskan bagaimana 8 Golden Rules yang didefinisikan oleh Shneiderman ?

2.      Apa yang dimaksud dengan ragam dialog? Jelaskan apa saja ragam dialog yang ada ?

3.      Gambarlah rancangan desain sederhana sebuah web interface yang didalamnya mencakup semua elemen web ( elemen dasar, elemen form, elemen content, elemen dinamis, elemen table) ?

Jawaban

1.       1)      Konsistensi

   Dalam membuat suatu user interface dibutuhkan konsistensi. Contohnya yaitu penggunaan font yang sama pada seluruh halaman website agar tidak membingungkan pembaca, serta menempatkan Header & Footer pada posisi yang sama di tiap - tiap halaman website.

2)      Shortcut

   Memberikan shortcut agar user dapat mengakses halaman yang diinginkan tanpa harus melewati beberapa halaman pada sebuah website.

3)      Adanya umpan balik yang informative

   Memberikan informasi terhadap aksi yang dilakukan oleh user. Contohnya apabila kita mengklik suatu link download file dalam sebuah website, maka akan muncul pemberitahuan bahwa download sedang berjalan dan apabila telah selesai mendownload, maka akan ada pemberitahuan bahwa download telah selesai.

4)      Merancang dialog untuk menghasilkan suatu penutupan

   Mendesain langkah - langkah yang harus dilakukan agar user dapat menyelesaikan suatu aksi. Contohnya apabila user ingin me-reply suatu topic dalam sebuah forum, maka user harus menekan tombol "reply to topic" kemudian mengisi komentar pada kotak yang telah disediakan dan menekan tombol "post new reply" untuk men-submit komentar yang telah ditulisnya.

5)      Penanganan kesalahan yang ringan

   Adanya pemberitahuan apa yang harus dilakukan apabila terjadi error ringan. Contohnya dalam suatu form login apabila kita tidak mengisi username kemudian kita submit, maka akan muncul pesan error bahwa username harus diisi terlebih dahulu.

6)      Mempermudah untuk kembali ke tindakan sebelumnya
   Adanya aksi yang disediakan agar user dapat kembali ke tindakan sebelumnya. Contohnya yaitu penggunaan tombol "back" pada suatu forum, apabila kita salah menekan topic yang ingin dimasuki, maka kita tinggal menekan tombol "back" agar kembali ke halaman awal dan kita bisa memilih topic yang ingin dimasuki tadi.

7)      Adanya tempat pengendalian internal (Locus of Control)

   User dapat dengan bebas bernavigasi dan mengubah informasi akun yang dimilikinya sesuai dengan yang dikehendaki.

8)      Membantu dalam mengurangi kesalahan ingatan (Ingatan jarak pendek)
   Membuat desain sesederhana
mungkin dan mudah dimengerti agar user dapat dengan cepat belajar cara menggunakan website yang telah kita buat.


2.      Ragam Dialog

: Struktur dari percakapan antar pengguna dengan sistem komputer dalam konteks perancangan antar muka pengguna, kemampuan untuk memahami berbagai sistem interaktif yang digunakan Adalah cara yang digunakan untuk mengorganisasikan berbagai teknik dialog antara manusia dan komputer.

Ragam dialog (Dialoque Style) :
: Ragam dialog adalah cara yang digunakan untuk mengorganisasikan berbagai tehnik dialog. 

·         Berikut Penjelasan Singkat:

a.      Dialog berbasis perintah tunggal (command line dialogue)

   Perintah-perintah tunggal yang dioperasikan tergantung dengan sistem operasi komputer yang dipakai.

b.      Dialog berbasis bahasa pemrograman (programming language dialogue)
  Dialog yang dikemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas (file) berupa batch file.

c.        Antarmuka berbasis bahasa alami (natural languange interface)
   Dialog yang berisikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami (manusia) yang diterjemahkan oleh sistem penterjemah.

d.       Sistem Menu
   Dialog yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas.
Terdapat 2 jenis system menu yaitu:
    -Sistem Menu Datar
    -Sistem Menu Tarik(pulldown) 

e.       Dialog berbasis pengisian borang (form filling dialogue)
   Dialog dimana pengguna (user) dihadapkan ke suatu bentuk formulir dilayar komputer yang berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah ditentukan .

f.        Antarmuka berbasis ikon
    Antarmuka sering memanfaatkan simbol-simbol dan tanda-tanda dari kehidupan kita sehari-hari untuk memberitahukan pengguna akan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh suatu program aplikasi.

g.      Sistem Penjendelaan (windowing system)
   Sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi pada satu atau lebih jendela (window) .
Jenis-jenis jendela (window) :
    a. Jendela TTY
    b. Time-Multiplexed Windows
    c. Space multiplex window
    d. Non Homogen

h.      Manipulasi Langsung (direct manipulation)
   Penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer .

i.        Antarmuka berbasis interaksi grafis
   Dialog berbentuk pesan atau informasi pada suatu gambar atau link yang tampil ketika pengguna melakukan suatu aktifitas.

3.      Elemen dasar


Elemen From

Elemen content

Elemen dinamis
Elemen Table



Sumber App Edit Gambar Elemen web tersebut :
https://edrawmax.id.softonic.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Resume Jurnal

Nama-Nama Komponen Komputer Beserta Fungsinya

Instalasi Dan Pemasangan Kabel Fiber Optik