Output Primitif Grafik Dalam Komputer Grafik

Titik 

  • Titik dalam Grafika Komputer bisa didefinisikan sebagai suatu posisi tertentu dalam suatu sistem koordinat.
  • Sistem koordinat yang dipakai bisa Polar Coordinates atau Cartesian Coordinates
  • Dalam Cartesian Coordinates, titik didefinisikan sebagai kombinasi dua bilangan yang menentukan posisi tersebut dalam koordinat x dan y (2D)
Garis

  • Umumnya persamaan garis lurus pada koordinat kartesius diwujudkan dalam persamaan garis : 
y=m.x+b
  • dimana m merupakan slope (kemiringan) dari garis yang dibentuk oleh dua titik yaitu (x1,y1) dan (x2,y2). Sedangkan b adalah penggal garis pada sumbu vertikal (sumbu y). Besarnya b mencerminkan nilai y pada kedudukan x = 0.
  • jika dimisalkan pada dua titik(x1,y1 dan x2,y2) akan dibuat sebuah garis lurus, kita dapat menentukan nilai “m' dan “b” dengan persamaan berikut: 

m = (y2-y1)/(x2-x1)

b = y1 – m . X1



  • algoritma untuk menggambar garis pada komputer didasarkan pada dua persamaan di atas. dimana m adalah gradien atau kemiringan garis tersebut.

    Jika m=1 maka pixel bertambah 1 pada sumbu x dan sumbu y

    Jika 0 < m < 1 maka pixel bertambah 1 pada sumbu x dan bertambah sebesar m pada sumbu y

    Jika m>1 maka pixel bertambah 1 pada sumbu x dan bertambah sebesar 1/m pixel pada sumbu y

Contoh: 
  • Diketahui dua buah titik A(2, 1) dan B(6, 4). Tentukan titik-titik dijital yang dilalui oleh garis yang melalui kedua titik tersebut!

    Hitung nilai m : y2-Y1/x2-x1 = 4-1/6-2 = 0.75

    Kemudian Buat table : 
  • Jadi titik-titik dijitalnya adalah (2,1), (3,2), (4,3), (5,3) dan (6,4). 

Latihan:

   Dengan menggunakan algoritma dasar, tentukan koordinat titik-titik dijital untuk garis yang dibentuk oleh dua titik sebagai berikut:

a. (-5,5) dan (1,2) ~> Algoritma Dasar

b. (4,3) dan (8,-2)

c. (2,3) dan (5,3)

d. (2,3) dan (2,5)

e. (6,4) dan (2,1) ~> Algoritma Dasar


( Tentukanlah mana kasus yang tidak dapat diselesaikan dengan algoritma dasar )


Jawaban:


a.    (-5,5) dan (1,2)
X1 = -5            Y1= 5
X2 = 1             Y2= 2 
M         = y2 – y1 / x2 – x1 
= 2 – 5 / 1- (-5) 
= -3 / 6 
= - 0,5
Maka :
x
Ī”x
X
y
Ī”y
Y
x
Y
-5
-
-5
5
-
5
-5
5
-5
1
-4
5
-0,5
4,5
-4
4,5
-4
1
-3
4,5
-0,5
4
-3
4
-3
1
-2
4
-0,5
3,5
-2
4
-2
1
-
3
-0,5
2,5
-
3
-
1
1
2,5
-0,5
2
1
2



b.   (4,3) dan (8,-2)
X1 = 4        Y1= 3
X2= 8         Y2= -2
M   =  y2 – y1 /  x2 – x1
= -2 – 3  /  8 - 4  
= -5 / 4
= -1,25
maka:
x
Ī”x
X
y
Ī”y
Y
x
y
4
-
4
3
-
3
4
3
4
1
5
3
-1,25
1,75
5
2
5
1
6
1,75
-1,25
0,5
6
1
6
1
7
0,5
-1,25
-0,75
7
1
7
1
8
-0,75
-1,25
-2
8
-2

c.   (2,3) dan (5,3)
X1 = 2       Y1= 3
X2= 5        Y2= 3
M   =  y2 – y1 /  x2 – x1
=  3 – 3   /  5 - 2   
=  0  /  3  
=  0
maka :
x
Ī”x
X”
y
Ī”y
Y”
x
Y
2
-
2
3
-
3
2
3
2
1
3
3
0
3
3
3
3
1
4
3
0
3
4
3
4
1
5
3
0
3
5
3




d.   (2,3) dan (2,5)

X1 = 2        Y1= 3

X2= 2         Y2= 5

M   =  y2 – y1 /  x2 – x1

= 5 – 3     /  2 - 2  

=  2  /  0

= 0



Nb : Tidak ditemukan titik koordinat.




e.   (6,4) dan (2,1)

X1 = 6        Y1= 4

X2= 2         Y2= 1

M   =  y2 – y1 /  x2 – x1

= 1 – 4     /   2 - 6        

=  -3  /  -4 
= 0,75



maka :

x
Ī”x
X”
y
Ī”y
Y”
x
y
6
-
6
4
0,75
4
6
4
6
1
7
4
0,75
4,75
7
5
7
1
8
4,75
0,75
5,5
8
6
8
1
9
5,5
0,75
6,25
9
6
9
1
10
6,25
0,75
7
10
7
10
1
11
7
0,75
7,75
11
8
11
1
12
7,75
0,75
8,5
12
9
12
1
13
8,5
0,75
9,25
13
9

Nb : Tidak ditemukan titik koordinat karena semakin besar penjumlahannya.




Sumber App Kalkulator grafik :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Resume Jurnal

Nama-Nama Komponen Komputer Beserta Fungsinya

Instalasi Dan Pemasangan Kabel Fiber Optik